Mendefinisikan Perguruan Tinggi Idaman

Saat ini ketika kita ditanya tentang apa sih Perguruan Tinggi Idaman? Mungkin bagi sebagian masyarakat akan menjawab : ” Perguruan Tinggi yang mampu mencetak Sarjana yang siap pakai.” atau mungkin jawaban yang sedikit nyeleneh :..”ehmm, perguruan yang mahasiswanya mampu dan kuat demonstrasi”. Atau yang lebih parah lagi, “..ah, mana ada tuh Perguruan Tinggi Idaman, orang mahasiswanya saja masih hobi berantem kayak anak SMP ama SMA hanya karena masalah sepele”. Yah, namanya juga pendapat, terserah saja kan…katanya negara Demokrasi…wajar lah di kritik.

Tapi kalau kita coba telusuri makna idaman, tentu saja dalam benak kita akan terlintas Gedung Perguruan Tinggi yang Megah, Bersih, semua fasilitas dan Fakultasnya lengkap, Biaya yang murah kalau bisa Gratis, Dan dijamin LULUS! ( wah, kalau yang terakhir ga mungkin kayaknya ya?) Kira-kira ada nggak ya Perguruan semacam itu? terutama di Indonesia tentunya. Ada berapa banyak tuh jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia, berapa yang bonafit, bermutu, asal-asalan ( emang ada tuh Perguruan Tinggi yang asal-asalan? )

Menurut saya ( penulis ), sebuah perguruan tinggi baru bisa dikatakan Idaman kalau telah memenuhi beberapa kriteria :

1. Gedung yang Representatif

Dan ini tidak identik dengan gedung mewah dan bertingkat, sepanjang mecukupi daya tampung mahasiswanya, biar ga sampai desak-desakan.

2. Sarana Dan Prasarana

Karena sekarang jamannya Informasi, seidaknya disediakan layanan Hotspot atau Ruang Komputer yang online setiap saat, sehingga mahasiswa bisa menggunakan fasilitas ini demi kemajuan studinya. Fasilitas Library atau Perpustakaan adalah mutlak, karena disanalah mahasiswa bisa menggali banyak informasi dalam mendukung studi yang diambilnya.

3. Staff pengajar yang Diatas Rata

Dosen termasuk faktor penting dalam proses transfer ilmu kepada mahasiswa, sehingga kualitas Dosen itu sendiri akan sangat berpengaruh terhadap output atau keluaran Sarjana dari Perguruan Tinggi tersebut.

4. Biaya

Ini yang paling sensitif dikalangan para orangtua maupun mahasiswanya, karena menjadi impian saja ketika melihat Gedung mewah, fasilitas lengkap,staf pengajar yang mumpuni akan tetapi Biaya yang melambung tinggi. Sekalipun ada program beasiswa, karena tidak semua bisa melewati persyaratan beasiswa tersebut. Sehingga jangan ada lagi “Komersialisasi Pendidikan”.

Kemudian Indikasi sebuah Perguruan Tinggi Idaman yang lain adalah pada Proses Transformasi Ilmu dari Pengajar kepada Mahasiswanya, dimana diharapkan dari keberhasilan sebuah Transformasi Ilmu ini akan mengahasilkan output/lulusan yang benar-benar memahami ilmu yang telah dipelajarinya.

Output sebuah perguruan tinggi yang tidak hanya berpikir untuk “mencari Kerja” atau bahkan “Pekerjaan yang mencari Dia”. Akan tetapi output sebuah Perguruan Tinggi Idaman adalah Kemampuan Menciptakan Lapangan Kerja, sehingga lulusan PT bukanlah menjadi beban Pemerintah lantaran menambah jumlah Pengangguran akan tetapi lulusan yang mampu membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran.

9 Tanggapan

  1. bagus bang… setuju..

    saya suka pernyataan terakhir tentang output sebuah perguruan tinggi. inilah yang harus bisa diciptakan

  2. Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^ Salam dari teamronggolawe.com

  3. salam kenal,
    postingannya mantap,
    semoga sukses bro,

    salam.

  4. setuju sih,,

    cuman, ant nomor 1 dan 4 agak susah tuh…

  5. benar sekali, yang paling penting adalah output-nya, bang.
    sepopuler-populer PT/PTN yang kita masuki, tidak akan berarti apabila saat kita lulus darinya kita tidak punya bekal yang bagus untuk masuk ke dunia kerja🙂

  6. Salam Pak Abie…

    kita tukeran link yuk…

  7. Alo Pak Abie..
    Saya Joni, kenal kan? hehe..

    Tukeran link yuk pak..

    link saya ini
    Mulai hidup Sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: