Memperbaiki Mother Board

Pernah mengalami PC mati? padahal power supply masih nyala. RAM sudah di cek dengan memasang ke PC lain, ternyata RAM kita masih oke. Coba pasang Prosesor ke PC lain, oke juga. Ganti Power Supply gak juga pengaruh tuh, apaan ya? Ganti Batere CMOS juga ga ngaruh nih! Lalu apaan donk?

Oke deh, kalau RAM, Prosesor, Power Supply, Batere CMOS dan lainnya sudah anda pastikan masih oke, coba cara ini.

1. Buka Mother board anda dari casing

2. Perhatikan baik-baik komponen CAPASITOR ( kalau lewat gambar diatas, sek CAPASITOR yang berada tepat dibawah Prosesor ), biasanya nilainya 1500 micro farad 6,3 volt dan jumlahnya kurang lebih ada 6 – 7 buah.

3. Dari beberapa kasus, kalau PC kita poer supply nyala, tapi tidak ada tampilan di Monitor, kemungkinan besar komponen tersebut ( Capasitor) mengalami kerusakan, kalau gak terbakar atau yang paling sering terjadi adalah Capasitor mengalami Penggelembungan secara fisik. Coba anda cek sekali lagi komponen yang saya maksud, bisa diraba atau dilihat secara kasap mata juga bisa.

4. Kalau iya, ganti saja Capasitor tersebut, harga per biji sekitar Rp2000, ganti semua yang bernilai 1500 micro farad (paling banyak antara 6-7 buah saja). Biasa ya..alat yang dibutuhin Solder,Timah,Sucker…( boleh pinjem ma temen). Sekali lagi Capasitor yang disekitar Prosesor ya!

5. Oke, saya pastikan kalau memang komponen tsb yang melembung, MOBO anda akan oke kembali, insya Alloh.

Selamat memperbaiki MOBO kesayangan anda, daripada ke bengkel bisa kena puluhan ribu bahkan ratusan ribu malah.

28 Tanggapan

  1. bagus skeali

  2. sep2 thanks atas infonya..

  3. I hope “https://abiehakim.wordpress.com/2010/01/23/memperbaiki-mother-board/” is the right category for my intro. My name is pinkfloyd. I read about slimming down I’m going to reading more about this website abiehakim.wordpress.com http://downloadpushbuttonmoney.com/download-push-button-money.gif

  4. 1500 mikroF/6,3 volt ya? kalo diganti dengan yang nilainya deket2 gitu bisa ga? misal 2200 mikroF/16 volt gitu

  5. Salam kenal mas, saya mau perlu bantuan nih…kemarin saya coba pasang powersuplay ke kompi. pas sy nyalakan muncul percikan api di dlm powersuplay lalu listrik langsung mati kaya terjadi konslet gitu. Ini pasti powersuplay ga beres. Lalu saya ganti dengan powersuply baru dan lalu listrik sy nyalakan lalu tombol power kompi sy tekan, eh komputernya sekarang malah ga mau nyala, mati total. Cuma kipas prosesor dan kipas powersuply nyala sebentar kira2 1 detik lalu mati. klo di tekan lagi tombol power, kipas2 tsb ga mau gerak lagi, kecuali klo kabel power dilepas lalu ditancapkan lagi, baru kipas2 tsb nyala lagi cuma 1 detik.
    Pikir saya, pasti motherboardnya dah kebakar dan rusak. Trus saya ganti motherboard dengan yang masih bisa dipakai,tapi prosesornya saya ambilkan dari motherboard yang mati tadi, eh ternyata sama saja, kipas2nyacuma nyala 1 detik lalu mati.
    Maka saya pikir ini masalahnya pasti di prosesornya. lalu saya ganti prosesor dari kompi lain yang sama2 pentium 4 yang masih bisa nyala dan saya pasang dimotherboard kedua tadi yang jelas sebelumnya masih bisa nyala..walah tyt tidak ada perubahan..tetap saja kipas2 nyala sebentar lalu mati. saya jadi bingung. diganti powersuply ga nyala, diganti motherboard ga nyala, ganti prosesor ke motherboar yang uudah gantian tadi tetep aja ga nyala…wah jangan2 prosesor lama juga merusak motherboard baru saya…jadi 2 motherboard n 2 prosesor saya sekarang mati..cape deh…akhirnya saya ga berani lagi coba2 pake2 hardware lain utk ujicoba,takut klo ketularan lagi, hik..hikkk
    Nah..klo kasusnya kaya gitu gimana ya mas cara ngatasinya?? apanya kira2 yang rusak? makasih mas n saya berharap mendapat jawaban dari sini,,,trims

    • kalo saya liat dari cerita mas darianto, hal seperti itu pernah saya alami. masalah itu diakibatkan oleh power supply, dan apabila mas darianto pernah mengganti power supplynya dan masih tetap seperti itu, berarti power supply mas darianto pakai kondisinya ga bagus. coba ganti lagi dgn power supply yg lain, semoga bermanfaat.

      • misi mas
        saya juga ngalamin hal serupa tapi belum coba2 gonta ganti.
        saya udah ganti psu yang normal juga tetep sama.
        saya ganti elco2 nya juga masih sama.
        selain dari psu apa lagi ya mas kira2 yang mesti diperhatikan?

  6. Mas Abie, terima kasih banget infonya. Kebetulan motherboard saya begitu. Lampu indikator di mobo nyala, cek pwersuply juga bekerja baik. Searching mo beli Mobo baru dengan socket sama (754) susah banget. Akhirnya menemukan blog Mas Abie nih.. ntar dicoba deh, liat kapasitornya dulu. Klo bisa dioprek sendiri jadi ngirit biaya banyak, pengetahuan juga nambah🙂

    Btw, beli kapasitornya dimana ya klo di jakarta ?

    Sekali lagi, trims banget infonya !

  7. mas,saya mau tanya
    cpu saya gak hidup ,paling cuma bunyi bip trus mati lagi…
    pas saya cek VGA’a kebakar…
    cara memperbaiki’a gmana?
    Mkasih

  8. wah.. infonya bermanfaat sekali mas.
    kebetulan saya juga ada kasus dengan komputer saya yang sangat sulit sekali dihidupkan, harus berulang-ulang kali penjet tombol power (kadang bisa puluhan kali) baru bisa hidup, tetapi kadang ga bisa hidup -_-“.
    procesor & ram sudah pernah dicoba ke mobo lain, berfungsi dgn baik. apa yg harussaya lakukan agar kompinya bisa hidup normal lagi ya mas ??

    thx.

  9. semua komponen ok. tapi masih no display juga…???

  10. om bole nanya dapet kapasitor yang 1500 micro faradnya dimana ya??saya uda muter2 toko elektronik tapi pada ga punya je,,,mohon dibantu om

  11. Mas Abie mohon bantuanya nih mas.
    Sebelumnya mohon maaf nih,saya punya mother board jadul banget pentium II,semua masih complit,mau dibuang sayang.mas cara rakitnya gimana ya?terus pakai power suply yang bagaimana?saya liat dimother boarnya ada socket pwr 1,( 12 pin ) pwr 2 ( 20 pin ).pakai yang mana ya?

    terimkasih atas bantunaya,mas mohon balasanya ke stepanus_s@yahoo.com.

    Sekali lagi teriamakasih.

  12. Assalam…Mas Abie, mau minta tolong nih ….
    Mobo yg sy gunakan merk advance. kalau dijalankan, lampu power dan kipasnya saja yang hidup, tidak ada bunyi beep, tampilan juga tidak ada. jd kira kira mau diapain yah…???
    wassalam..

  13. pake vga card atau pake bawaan mobo? Cb ganti vga , jg pinjem monitor kawan. Tp bs juga ke prosesor mas

  14. wah ini keren banget infonya

  15. pak kalau port yang keyboard yang mouse nya rusak bisa di ganti ga ya?
    kalau port usb sih bner
    cuma kan kemaren saya beli keyboard eh kebetulan dapet nya bukan yang usb
    mohon penjelsan nya ya pak
    terimakasih

    • pastikan dulu jml pin dan posisi kabel mesti bener ya,

    • kalau menurut pengalaman saya, bisa, ganti saja konnektornya (colokkannya) dengan yang USB. cari saja konektor bekas mouse atau keyboard atau apasaja komponen yg pakai usb, kemudian ambil kepala (cok/konnektornya). kabel untuk ps2 dan usb kan sama saja, ada 4, jadi sesuaikan saja. pastikan negatif positifnya tidak terbalik yah…

  16. slmt mlm pak abie,saya punya problem penyolderan capacitor disekitar prosesor..jalur positive dan negative nya yang mana ya..mohon bantuannya pak abie,terima kasih…

  17. Di gambar ini pake AGP slot yg brp ya? thanks

  18. Makasih mas, saya akan coba step by step mudah-mudahan berhasil…

  19. Jaket Bola Klub di Liga-liga bergengsi di Dunia yaitu: English Premier League, Serie A, La Liga. Tersedia Jaket Bola untuk Klub seperti Manchester United, Chelsea, Manchester City, Arsenal, Tottenham, Liverpool, Barcelona, Real Madrid, Juventus, AC Milan, Intermilan, Bayern Munchen dan masih banyak koleksi lainnya.

  20. salam kenal kalu kasus saya mas computer disekolah saya saya bungkus dalam kantong plastic besar selama 6 bulan, setelah saya coba bersihkan lalu hidupkan ternyata tidak mau hidup mas saya cek kapasitornya secara fisik ga ada yang ngembung kira2 apaya mas, tolong bantuannya mas, raja.sumsel12@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

