Bahasa Inggris suatu keharusan?

Bukan satu hal yang aneh bahwa saat ini kebutuhan akan berbahasa asing sangatlah mutlak. Bagaimana tidak, dijaman globalisasi dimana hilangnya batas-batas antar negara, sehingga mengahruskan kita berhadapan atau berinteraksi dengan bangsa lain. Mampu berbahasa asing terutama bahasa Inggris adalah salah satu modal utama dalam menghadapi era global saat ini.

Bagaimanapun bahasa adalah salah satu alat komunikasi paling efektif antar manusia, sehingga ketika dua orang berbeda bangsa dan pasti berbeda bahasa akan mengalami kesulitan dalam menyampaikan maksud dan tujuannya. Di Indoesia pada masa dahulu pengenalan Bahasa Inggris di dunia pendidikan baru dimulai pada jenjang sekolah menengah pertama ( atau saat ini dikenal SLTP ). Sementara saat ini di sekolah dasar sudah mulai diajarkan bahkan tingkatan Taman kanak-kanakpun sudah mulai dikenalkan. Maka tidaklah mengherankan apabila saat ini usia-usia yang masih belia sudah mampu mengeja atau bahkan lancar berbahasa Inggris.

Bermunculannya tempat-tempat kursus atau pelatihan Bahasa Inggris turut berperan dalam mengenalkan Bahasa Asing ini pada generasi muda Indonesia. Lantas seberapa pentingkah bahasa inggris ? Bukan suatu rahasia bahwa saat ini ekonomi banyak dikuasai oleh bangsa Eropa dimana mayoritas menggunakan bahasa inggris sebagai alat komunikasi. Bahkan saat ini bahasa inggris juga dijadikan sebagai bahasa internasional.

Maka jelas kemampuan berbahasa Inggris ini akan menjadi jalan dalam rangka mengembangkan perekonomian suatu negara. Aktifitas perdagangan antar dunia semua menggunakan bahasa inggris. Jadi pada intinya Bahasa Inggris adalah suatu kewajiban bagi kita, sebab tanpa kemampuan dalam berbahasa inggris akan menyulitkan kita dalam bersaing dengan negara lain. Apalagi dalam dunia kerja, dimana semakin banyakna investor asing yang menananmkan modalnya di negara kita, maka kemampuan berbahasa inggris menjadi keharusan.

Mampu berbahasa inggris bukanlah hal yang istimewa, sebab di negara seperti Singapura dan malaysia bahasa inggris hampir dipakai dan digunakan di setiap aktivitas individu rakyatnya. kapan bangsa Indonesia akan memakai Bahasa iNggris ini sebagai bahasa keseharian? Kita tunggu saja.

Ikuti Blogging Competition di http://bcnow60.org

13 Tanggapan

  1. harus itu 🙂

  2. Bahasa daerah, harus kita lestarikan sebagai bahasa ibu
    bahasa Indonesia, Jelas buku EYD banyak laris
    bahasa Inggris, hampir wajib kan malu kalo nonton DVD bingung terus cari subtitle
    bahasa Jepang, Pentinglah kan biar bisa ngomong sama conan🙂

    Jadinya, kita memang wajib om terus belajar bahasa inggris lepas pentin ga pentingnya..

  3. diriku cinta bahasa indonesia😆

  4. aku ga bisa2 sobat
    aku harus bisa🙂

  5. I cen spik inglis litel litel
    *ancur pisan*

  6. english, its interisting for me.
    would you to made some article in english, its will to be a media for me to grow it my skill.

  7. yes… i agree with this articel…
    english is a must….

    klo kt tante n ayah sy, gk perlu dtanya lg ama org bs apa engga…yg jelas hrs bs.. smangat!

  8. litle litle gak papa kan?? pokoknya ngerti2 dikitlah, soalnya tutorial di internet yang bagus2 boso iggeris. Jadi ya gitu deh, bondo nekat ajah ngebacanya.😆

  9. ayo… Indonesia… bisaaaaaaaa…. kata SBY mah

  10. soal b. inggris ini dilematis. kalau malaysia dan singapura bisa enak ngomong inggris, itu krna kebaikan hati pemerintah kolonial inggris yg berhasil menjalin hubungan baik dengan negara jajahannya. kalau dulu Raffles tidak hengkang dari jawa, mungkin sekrng kita akan biasa ngomong inggris.
    tp kemajuan bangsa bukan dr kemampuan berbahasa rakyatnya, tp kemauannya belajar. jepang adalah negara paling maju tp paling tidak bisa berbahasa inggris. mereka bisa maju berkat kerja keras segelintir orang yg bisa berbahasa inggris yang menerjemahkan buku ilmu pengetahuan. jadi, tetaplah maju, apapun bahasa yg kita kuasai. bukan begitu saudara?

    Sip Bos, setuju. Makasih pak masukannya

  11. harus dong…
    gimana bangsa kita mau maju kalo nggak bisa bahasa Inggris?😀

    – – –
    Making my way downtown. Walking fast. Faces pass. And I’m home bound…

  12. Rencananya cuman mo baca-baca sebagai kunjungan balasan, tapi tergelitik juga buat comment.

    Kalo menurut saia sih mas abie, bahasa inggris itu wajib di zaman internet gini, saya sebagai orang IT dan hobi programming adalah salah satu orang yang paling merasakan manfaat dari bisa bahasa inggris –walaupun otodidak–, banyak buku-buku tentang IT, pemrograman khususnya yang ga’ ada terjemahannya dalam bahasa indonesia, kayak dalam bidang pemrograman game 3D, Kecerdasan buatan, algoritma tingkat atas dsb. Seandainya ada pun paling bukunya tipis dan ga’ menjelaskan secara fundamental. Beda dengan buku luar, bahkan seringkali kalo buku luar menjelaskan sampai sejarah-sejarahnya dan sangat… sangat… sangat… fundamental sekali.
    Itu di blog saia az sampe rela-relain nge-print ebook 800 halaman. Soalnya mana ada buku pemrograman OpenGL bahasa indonesia. hi hi hi…

    Entar kalau dah lancar Inggrisnya, jgn lupa terjemahin tuh semua e-book Inggris ya, saya mo request

  13. Kasihan ama Singapura & Malaysia.
    akibat meng-agung-kan bahasa inggris, bahasa asli (bahasa melayu) mereka makin PUDAR….
    mereka sedang krisis jati diri sebagai bangsa karena rakyatnya meninggalkan bahasa melayu terutama yg berasal dari etnis non melayu…

    http://www.mesotheliomacare.co.cc
    http://www.uterinecancerhelp.co.cc
    http://www.diabeteshelp.co.cc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: