Kembalinya Anwar Ibrahim

Berita ini saya petik dari Kompas Online, berikut petikannya :

KUALA LUMPUR, SELASA – Sepuluh tahun setelah ditendang dari kekuasaan, pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim akhirnya menginjakkan kakinya lagi di gedung parlemen, Selasa (29/4).

Namun, Anwar tidak kembali sebagai seorang politisi, tetapi sebagai suami anggota parlemen. “Ini awal yang baru. Saya sudah masuk. Saya tidak akan pernah pergi lagi,” kata Anwar setelah menghadiri upacara pembukaan parlemen. Di gedung itu dulu ia sering hadir sebagai Deputi Perdana Menteri dan Menteri Keuangan.

Anwar hadir pagi itu sebagai suami Wan Azizah Wan Ismail yang memenangi satu kursi untuk Partai Keadilan Rakyat dan sekarang menjadi pemimpin formal kelompok oposisi di parlemen. Anwar mengatakan, tidak akan lama lagi ia akan terpilih menjadi anggota parlemen juga melalui pemilu sela.

Anwar ditendang dari kekuasaan pada tahun 1998 oleh PM Mahathir Mohamad yang berkuasa waktu itu. Ia dituduh terlibat dalam kasus korupsi dan sodomi. Anwar membantah semua tuduhan itu yang diyakini sebagai akal-akalan. Tuduhan sodomi itu akhirnya dibatalkan, tetapi ia tetap menjalani kurungan atas tuduhan korupsi.

Tuduhan korupsi itulah yang menghalanginya memegang jabatan publik sampai 14 April 2008 sehingga ia tidak bisa ikut dalam pemilu 8 Maret lalu.”Ya, 10 tahun itu waktu yang lama, tapi bagus juga bisa kembali,” katanya setelah ngobrol dengan Sultan Mizan Zainal Abidin, Raja Malaysia, dan tamu-tamu penting lainnya, termasuk rekan sekerjanya di pemerintahan. “Mereka sopan. Ya sekadar ngobrol ringanlah,” imbuhnya.

“Saya selalu yakin bahwa dalam politik Anda tidak boleh terlalu sakit hati. Nyatanya, saya senang juga bertemu beberapa teman-teman lama, termasuk yang di kabinet. Mereka ngomong yang baik-baik dan saya membalasnya,” kata Anwar.

Anwar mengatakan, istrinya bukan perpanjangan tangannya. “Dalam 10 tahun terakhir, dia semakin cerdas dan berkompeten soal kemampuan dan kekuatannya. Dia ada di sini tidak lagi karena menjadi istri Anwar,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: