Makna Enterpreneurship

Kata enterpreneurship ( kewirausahaan ) adalah kata yang sulit didifinisikan. Kata ini berasal dari bahasa Perancis yang berarti “berusaha” atau melaksanakan. Dala persamaan lain, entrepreneurship didefinisikan sebagai adventurism, risk taking dan thrill seeking. Jadi secara khusus makna entrepreneurship bisa dikatakan sebagai seseorang yang mau mengambil resiko dan orang yang berani mengabil tantangan.

Pada abad 18 sudah ada usaha orang untuk endefinisikan arti wirausaha, yaitu Prof.J.B Say ( 1800 ) yang mendefinisikan wirausaha adalah : a person who shifts economic resources out of an area of lower productivity into an area of higher productivity and higher yield.

Kemudian dia juga memberikan penjelasan tentang peran yang dimainkan oleh wirausaha : “The major role of the entrepreneur was to exploit change , not by doing things better but by doing things different”.

Menurut Peter kilby mengartikan entrepreneurship sebagai berikut : “Enterpreneurship is the attempt to create value through recognition of business opportunity, the management of risk taking appropriate to the opportunity , and through the communicative and management skills to mobilize human, financial, and resources necessary to bring a project to fruition.

Kewirausahaan pada dasarnya terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek manusia ( person ), aspek tugas ( task ) dan aspek organisasi ( organizational context ). Ketiga aspek ini bergerak dalam lingkungan yang berubah-ubah yang kemudian aspek ini disebut “konsep tiga kaki”.

  1. Kaki pertama ( the first leg )

Berkaitan erat dengan tugas yang dihadapi wirausaha. Pertanyaan yang mendasar yang biasa adalah :

    1. Apa yang dilakukan wirausaha?
    2. Apa peran mereka dalam organisasi?
    3. Dalam bisnis apa para wirausaha itu harus masuk?
  1. Kaki kedua ( the second leg )

Berkaitan dengan orang, kaki yang kedua berkaitan erat dengan berbagai motif, gaya dan ketrampilan. Motif adalah factor-faktor personal yang menggerakkan individu kearah tujuan tertentu.

  1. Kaki ketiga ( the third leg )

Ini adalah organisasi, organisasi adalah wadah yang harus dibentuk untuk mengakomodasi keinginan yang ada dalam diri seorang wirausaha. Tugas organisasi adalah menyediakan fasilitas, kondisi lingkungan atau budaya organisasi yang kondusif agar apa yang diimpikan oleh wirausaha menjadi kenyataan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: